Jumat, 13 Mei 2011

Cara mengatasi kegemukan

Umumnya wanita karier menghabiskan waktunya dari rapat ke rapat, telepon ke telepon,atau berlama-lama di depan komputer. Bokong mereka seolah terpatri di bangku. ”Olah raga” terjauh paling hanya jalan ke kamar kerja bos.

Akibatnya, badan langsing tinggal kenangan. Pekerjaan yang membuat tak banyak bergerak itu membuat tubuh jadi tambun.

Berikut 5 cara mengembalikan tubuh ”remaja” Anda:

1. Jauhi soft drink dan snack
Pada jam tanggung, sekitar pukul 15.00, kita sering terbayang-bayang segarnya soft drink dan gurihnya snack. Tapi bila godaan ini diikuti, amat berpotensi menambah berat badan.

Sebagai gantinya, pilih yoghurt, wortel dengan sedikit saus, puding segar tanpa banyak susu dan gula. Boleh juga crakers dioles tipis dengan selai kacang.

2.Pilih makanan sehat di restoran
Kini banyak restoran besar dan warung fast food yang sadar perlunya menu makanan sehat. Rasanya oke dan aman untuk berat badan. Jauhi gorengan dan makanan berlemak. Lebih baik sepiring salad atau sup dan setengah porsi sandwich, daripada burger, kentang, dan spageti yang mengenyangkan.

3. Prioritaskan berolahraga
Kebanyakan orang berpikir, ”Mana sempat?” berolahraga sebelum dan selama di kantor. Di dalam hati, paling berjanji,”Pokoknya, nanti pasti, deh, saya olahraga sepulang dari kantor!” Tidak tahunya, pulang kerja kemalaman atau sudah kecapekan. Akhirnya, janji tinggal janji.

Jadi, paksakan olahraga pagi hari pada jam istirahat makan siang. Tak berarti harus lari 10 kilometer, tentunya. Jalan-jalan sekitar 20 menit sudah cukup untuk menyegarkan badan.

Kalau kebetulan ditugaskan ke luar kota, jangan lupa bawa baju senam. Kebanyakan hotel punya tempat fitness. Keluarkan keringat setelah rapat yang melelahkan.

4. Jangan biarkan ”pesta” kantor merusak diet.
Kadang ada saja pesta di kantor. Pesta betulan atau karena ada yang hobi membawa kue-kue kering, tart, dan brownies.

Kalau ada ”pesta” kecil begini, sebisa mungkin hindarkan. Kalau ada pesta betulan, datang belakangan, setelah kue-kue yang menggoda tandas. Bawa botol air mineral sebagai pengganti tawaran es krim atau potongan kue tart yang memiliki 1.000 kalori.

5. Berdiri dan bergerak.
Apa pun profesi Anda, usahakan jangan diam di tempat sepanjang jam kantor. Bila sudah kelamaan di depan komputer, bangun. Jalan-jalan sebentar untuk melancarkan peredaran darah.

Kalau sudah menyetir berjam-jam, stop sebentar di tempat istirahat, lalu goyangkan badan. Pilih naik tangga daripada naik lift atau eskalator. Ambil sendiri surat-surat atau minuman ke dapur kantor daripada menyuruh orang.

Bergerak di antara rutinitas kerja, tidak hanya membuat Anda kelihatan dan merasa lebih baik. Boleh jadi itu malah membuat Anda lebih produktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification